Kunci Jaga Kesehatan Jantung

PENYAKIT jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Karenanya, kesehatan jantungpun harus dijaga dengan sejumlah kunci.

Consultant Cardiologist dari London Bridge Hospital, Dr Gerald Carr-White, mengatakan bahwa kunci untuk menjaga kesehatan jantung adalah menerapkan gaya hidup jangka panjang yang sehat. Misalnya, Anda harus berhenti dari kebiasaan merokok, salah satu faktor risiko penyakit jantung.

“Kunci menjaga kesehatan jantung adalah menerapkan gaya hidup jangka panjang yang sehat. Anda tidak boleh dan berusaha untuk tidak kelebihan berat badan,” katanya, seperti dikutip Femalefirst, Senin (14/7/2014).

Selain itu, Dr Gerald Carr-White menyarankan untuk menjalankan diet Mediterania yang menekankan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Dia menekankan untuk menggunakan minyak zaitun dibanding mentega dan rempah-rempah sebagai pengganti garam.

“Selain itu, Anda harus mengutamakan makan ikan, khususnya ikan berminyak dan unggas, daripada daging merah,” tuturnya. (Baca: Minum banyak alkohol berisiko penyakit jantung)

Lebih lanjut, Dr Gerald mengatakan bahwa aktif berolahraga juga merupakan kunci menjaga kesehatan jantung. Anda harus aktif berolahraga setidaknya 30 menit dalam tiga kali sepekan.

“Namun, yang terpenting adalah jika Anda mengalami gejala seperti nyeri dada saat beraktivitas, sesak napas, pergelangan kaki bengkak, pusing atau pingsan, maka segera periksa ke dokter spesialis jantung,” imbuhnya.

Seperti diketahui, gangguan paling umum dan paling serius dari masalah jantung adalah penyempitan atau penyumbatan arteri koroner. Hal tersebut dapat menyebabkan nyeri dada, sesak napas saat melakukan aktivitas, serangan jantung dan gagal jantung. (fik)


View the original article here

0 comments

Post a Comment