Friday, July 25, 2014

Siasat Mengonsumsi Obat Selama Puasa

PERUBAHAN jadwal makan dan mengonsumsi obat bisa menimbulkan hipoglikemia atau gula darah terlalu rendah pada penderita diabetes. Namun demikian, hal ini masih bisa disiasati dengan menumbalkan puasa.

Dr. Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia mengatakan konsumsi obat yang biasanya dilakukan pagi ataupun sore, bisa dilakukan saat buka puasa. Jenis obatnya pun bukan berlaku untuk oral, tapi juga suntik insulin. (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)  
"Selama bulan puasa, obat bisa dikonsumsi saat buka puasa dan sahur," jelasnya dalam acara yang bertema 4 Sehat 5 Teratur Selama Berpuasa bagi Diabetesi bersama Accu- Chek, di Crown Plaza lantai 2 di Maroush Restaurant, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, 16 Juli 2014. (Baca: Diabetesi Pantang Olahraga Dekati Waktu Buka Puasa)
Selain itu harus diingat, saat minum obat sewaktu sahur jumlah dosisnya harus dikurangi. (Baca: Alasan Diabetesi "Haram" Puasa saat Gula Darah Tinggi)
"Pengurangan dosis obat hipoglikemik oral ini sendiri untuk menghindari terjadinya hipoglikemik ada sore hari. Karena itu, dosisnya separuhnya saja," tutupnya.
(fik)


View the original article here

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Siasat Mengonsumsi Obat Selama Puasa

0 comments:

Post a Comment