Sunday, July 20, 2014

Makanan Berlemak Ini Harus Anda Konsumsi

ADA jenis asupan lemak yang harus dihindari karena berdampak negatif bagi kesehatan, yakni lemak trans. Lemak jahat ini harus dihindari karena dapat menyumbat arteri sehingga bisa menimbulkan masalah serius.

Kardiolog Dr Richard Stein, M.D, dari New York University Langone Medical Center mengatakan bahwa beberapa makanan berlemak sangat penting bagi kesehatan. Berikut beberapa makanan berlemak sehat yang harus dikonsumsi, seperti dikutip Newsmaxhealth, Selasa (15/7/2014).  
Ikan


Lemak tak jenuh ganda atau asam lemak omega-3 ditemukan dalam ikan salmon dan suplemen minyak ikan. Jenis lemak ini adalah nutrisi sehat yang menurut beberapa studi dapat menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, meringankan gejala-gejala arthritis, serta membantu mencegah demensia. (Baca: Kentut Berbau Menyengat Baik untuk Kesehatan)
 
Kacang-kacangan


Asam lemak alami dalam kacang-kacangan telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan mengembangkan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian di Kanada menemukan bahwa menggabungkan sekiranya dua ons semua jenis kacang-kacangan dalam diet pasien diabetes membantu meningkatkan kesehatan jantung mereka. (Baca: Pasien Penyakit Jantung Tak Bisa Puasa jika...)

 
Produk susu


Jumlah sedang lemak jenuh dalam mentega, susu, dan keju tidak menyumbat arteri. Memang, para ilmuwan percaya bahwa lemak jenuh dapat menaikkan kadar kolesterol berbahaya dalam darah. Namun, penelitian terbaru menunjukkan ada dua jenis partikel kolesterol, yakni kecil-padat (terkait dengan penyakit jantung) dan besar-halus (tidak menimbulkan risiko). Lemak jenuh dalam produk susu meningkatkan tingkat partikel besar yang tidak berbahaya. (Baca: Mau Puasa, Pasien Jantung Perlu Konsultasi Dokter)
Minyak nabati


Minyak zaitun dan minyak sawit yang sarat dengan asam lemak omega-3 juga ditemukan dalam alpukat dan biji kenari. Penelitian terbaru dari University of Toronto menemukan bahwa beralih ke diet rendah gula dan tinggi lemak minyak sehat membantu pasien diabetes tipe 2 mengontrol gula darah mereka dan menurunkan risiko penyakit jantung.
(ftr)


View the original article here

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Berlemak Ini Harus Anda Konsumsi

0 comments:

Post a Comment